RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
( RPL )
BIMBINGAN
DAN KONSELING
A. IDENTITAS
Jenis layanan :
Bimbingan Kelompok
Bidang bimbingan :
Pribadi / Sosial
Fungsi layanan :
Pemahaman dan pencegahan
Topik pokok layanan :
Tata Kerama Terhadap Guru
Sekolah :
SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung
Kelas/semester :
XI / Ganjil
Standar : Mengembangkan prilaku positif sehingga dapat merealisasikan
dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.
: Siswa mampu berprilaku sopan
ramah dan baik sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
Alokasi waktu :
1 X 40 menit
B. TUJUAN PELAYANAN ( Indikator Ketercapaian )
Siswa diharapkan :
1. Mampu
memahami dan mangetahui pengertian
cara beretika dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mampu memahami dasar-dasar dan ciri-ciri bertata
karma dengan baik
3. Mampu menerapkan cara beretika baik terhadap guru
atau orang lain.
4. Mamahami manfaat beretika/bertata karma .
C. MATERI PENGEMBANGAN
1. Pengertian Etika/Tata kerama
Tata krama dalam pergaulan
merupakan aturan kehidupan yang mengatur hubungan antar sesama manusia. Tata
krama pergaulan berkaitan erat dengan etiket atau etika.
Menurut bahasa Yunani Kuno, etika berasal dari kata ethikos
yang berarti “timbul dari kebiasaan”.
Dari segi etimologi (asal kata),
istilah etika berasal dari kata
Latin “Ethicos” yang berarti
kebiasaan. Dengan demikian menurut pengertian
yang asli, yang dikatakan baik itu apabila sesuai dengan kebiasaan
masyarakat. Kemudian lambat laun pengertian
ini berubah, bahwa etika adalah
suatu ilmu yang mebicarakan masalah perbuatan atau tingkah laku manusia, mana
yang dapat dinilai baik dan mana yang dapat dinilai tidak baik.
Etika juga disebut ilmu normative, maka dengan sendirinya
berisi ketentuan-ketentuan (norma-norma) dan nilai-nilai yang dapat digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam kamus besar bahasa Indonesia terbitan
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan(1988), etika dirumuskan dalam tiga arti, yaitu;
1. Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan
tentang hak dan kewajiban moral (akhlak).
2. Kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak.
3. Nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan
atau masyarakat
Etika moral berkenaan dengan kebiasaan berperilaku
yang baik dan benar berdasarkan kodrat manusia. Apabila etika ini dilanggar
timbullah kejahatan, yaitu perbuatan yang tidak baik dan tidak benar. Kebiasaan
ini berasal dari kodrat manusia yang disebut moral.
2. Dasar - dasar etiket terdiri dari :
a. Bersikap sopan dan ramah kepada siapa saja.
b. Memberi perhatian kepada orang lain.
c. Berusaha selalu menjaga perasaan orang lain.
d. Bersikap ingin
membantu.
e. Memiliki rasa toleransi yang tinggi.
f. Dapat menguasai diri, mengendalikan emosi dalam
situasi apapun
3. Ciri seorang individu yang memiliki Tata Kerama yang baik :
a. Memiliki rasa percaya diri ketika menghadapi
masyarakat dari tingkat manapun.
b. Tingkah laku dan ucapannya selalu mempertimbangkan
serta mencerminkan perhatian kepada orang lain.
c. Bersikap sopan, ramah dan selalu menunjukkan sikap
yang menyenangkan dan bersahabat dengan orang lain.
d. Bisa menguasai
diri sendiri dan selalu berusaha tidak menyinggung, mengganggu, menyakiti
perasaan dan pikiran orang lain.
e. Selalu berusaha tidak mengecewakan, membuat gusar
apalagi membuat marah orang lain, walaupun diri sendiri dalam keadaan sedih,
kesal, lelah ataupun jenuh.
4. Manfaat beretika dengan baik dalam kehidupan
seorang manusia adalah :
a. Membuat kita menjadi disegani, dihormati,
disenangi orang lain.
b. Memudahkan hubungan baik kita dengan orang lain ( Better Human Relation ).
c. Memberi keyakinan pada diri sendiri dalam setiap
situasi.
d. Menjadikan anda
dapat memelihara suasana yang baik dalam berbagai lingkungan, baik itu
lingkungan keluarga, pergaulan, dan tempat dimana berada.
D. KEGIATAN LAYANAN
No
|
TAHAPAN AWAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
WAK TU
|
||
1
|
PEMBENTUKAN
|
- Pembukaan
- Menerima secara terbuka anggota kelompok
- Berdo’a
- Menjelaskan pengertian, dan tujuan, cara dan azas-azas
dalam bimbingan kelompok
- Selingan permainan
|
Tanya Jawab
|
||
2
|
PERALIHAN
|
- Menjelaskan kegiatan yang akan di tempuh pada tahap berikutnya
- Menawarkan kesiapan anggota kelompok untuk memasuki kegiatan selanjutnya
|
Cek Kesiapan
|
||
3
|
KEGIATAN
|
- Pemimpin
kelompok mengemukakan suatu topik untuk di bahas oleh kelompok
- Menggunakan teknik diskusi kelompok
- Tanya jawab antara pemimpin dan anggota kelompok tentang topik yang dikemukakan.
- Anggota membahas topik yang ditugaskan
|
Diskusi
|
||
4
|
PENGAKHIRAN
|
-
- Pemimpin kelompok menjelaskan kegitan kelompok akan
segera diakhiri
- - Menyampaikan
pesan dan kesan dari hasil kegiatan anggota kelompok
- - Membahas
kegiatan lanjutan
- - Do’a / penutup
|
Penutup
|
||
E. METODE LAYANAN
·
Diskusi
F. ALAT BANTU
·
Kertas
·
Labtop
·
Papan tulis
·
Sepidol / Kapur tulis
G. PENILAIAN
·
Siswa dapat memahami pentingnya beretika dengan baik terhadap guru
ataupun orang lain.
·
Siswa dapat memahami dasar-dasar dan cirri-ciri beretika dengan baik
·
Siswa dapat menyadari mamfaat
berprilaku sopan santun terhadap orang disekitarnya.
Perilaku jangka pendek
·
Siswa dapat menerapkan tingkah laku yang bermanfaat.
Perilaku jangka panjang
·
Siswa dapat mengembangkan
perilaku positif dengan etika yang baik dalam kehidupan sehari-hari dan lebih
bermakna dalam setiap bertingkah laku.
B.
Lampung, 14 Juli
2014
Mengetahui,
Kepala SMA
Al Azhar 3 B. Lampung Guru BK / Konselor
Drs. Hi. Ma’arifudin Mz., M. Pd. I
Mad Berawi, S. Pd
NIP. 19680317 200003 1 006 NIK. 200 801 197
Tidak ada komentar:
Posting Komentar