Nama Guru : Mad Berawi, S. Pd
Mata Pelajaran : Bimbingan dan Konseling
Materi : Pendidikan Karakter
Kelas : XI IPS 1
Tujuan : Peserta didik dapat mengetahui tentang Tujuan dan Fungsi Karakter
Assalamu'alikum Wr Wb.
Selamat pagi anak-anak Sholeh dan Sholeha,
Anak-anakku Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT untuk bisa menuntut ilmu disekolah seperti biasanya. Tak bosan selalu Bapak ingatkan untuk selalu menjaga Shalat 5 waktu, Shalat Sunnah Dhuha serta Muroja'ah dan Hafalan Tahfidznya , Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.
Pada pembahasan kali ini, Bapak akan memberikan tentang Tujuan dan Fungsi Karakter.
Berikut adalah Tujuan dan Fungsi Karakter., yaitu:
Tujuan dan Fungsi Pendidikan Karakter
- Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik.
- Membangun bangsa yang berkarakter Pancasila.
- Mengembangkan potensi warganegara agar memiliki sikap percaya diri, bangga pada bangsa dan negaranya serta mencintai umat manusia.
- Meningkatkan dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan yang dianggap penting dan perlu sehingga menjadi kepribadian/kepemilikan peserta didik yang khas sebagaimana nilai-nilai yang dikembangkan.
- Mengoreksi perilaku peserta didik yang tidak bersesuaian dengan nilai-nilai yang dikembangkan oleh sekolah.
- Membangun koneksi yang harmoni dengan keluarga dan masyarakat dalam memerankan tanggung jawab pendidikan karakter secara bersama.
- Membangun kehidupan kebangsaan yang multikultural.
- Membangun peradaban bangsa yang cerdas, berbudaya luhur, dan mampu berkontribusi terhadap pengembangan kehidupan umat manusia; mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik serta keteladanan baik.
- Membangun sikap warganegara yang cinta damai, kreatif, mandiri, dan mampu hidup berdampingan dengan bangsa lain dalam suatu harmoni.
- Fungsi pembentukan dan pengembangan potensi. Pembangunan karakter bangsa berfungsi membentuk dan mengembangkan potensi manusia dan warga negara indonesia agar berpikiran baik, dan berperilaku baik sesuai dengan falsafah hidup pancasila.
- Fungsi perbaikan dan penguatan. Pembangunan karakter bangsa berfungsi memperbaiki dan memperkuat peran keluarga, satuan pendidikan , masyarakat dan pemerintah ikut berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam pengembangan potensi warga negara dan pembangunan bangsa menuju bangsa yang maju, mandiri dan sejahtera.
- Fungsi penyaring. Pembangunan karakter bangsa berfungsi memilah budaya sendiri dan menyaring budaya bangsa lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang bermartabat.
Prinsip Pendidikan Karakter
- Mempromosikan nilai-nilai dasar etika sebagai basis karakter.
- Mengidentifikasi karakter secara komprehensif supaya mencakup pemikiran , perasaan dan perilaku.
- Menggunakan pendekatan yang tajam proaktif dan efektif untuk membangun karakter.
- Menciptakan komunitas sekolah yang memiliki kepedulian.
- Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mewujudkan perilaku yang baik.
- Memiliki cakupan terhadap kurikulum yang bermakna dan menantang yang menghargai semua peserta didik, membangun karakter mereka dan membangun mereka untuk sukses.
- Mengusahakan tumbuhnya motivasi diri pada peserta didik.
- Memfungsikan seluruh staf sekolah sebagai komunitas moral yang berbagai tanggung jawab untuk pendidikan karakter yang setia pada nilai dasar yang sama.
- Adanya pembagian kepemimpinan moral dan dukungan yang luas dalam membangun inisiatif pendidikan karakter.
- Memfungsikan keluarga dan anggota masyarakat sebagai mitra dalam usaha membangun karakter. Mengevaluasi karakter sekolah, fungsi staf sekolah sebagai guru-guru karakter dan manifestasi karakter positif dalam kehidupan peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar