Jumat, 19 Juni 2020

PENTINGNYA KEJUJURAN



Pentingnya Kejujuran

Jujur merupakan suatu kata yang sederhana, dan memiliki arti yang sederhana pula, yaitu “ mengakui, berkata atau memberikan suatu pernyataan/informasi yang sesuai dengan kenyataan dan kebenaran”. Kejujuran juga harus dilakukan atau di praktikan dalam kehidupan sehari-hari.


Jujur merupakan sikap yang ada pada diri manusia. Akan tetapi kebanyakan manusia sulit menerapkan sikap jujur pada dirinya, serta saat ini jarang sekali orang yang benar-benar jujur. Sikap jujur harus ditanamkan pada diri sendiri, dan harus mulai diterapkan pada usia dini. Menerapkan sikap jujur pada anak di usia dini sangatlah penting, karena dengan menerapkan kejujuran pada anak, akan membiasakan anak untuk berkata dan bersikap jujur.
Sikap jujur atau amanah merupakan salah satu sikap yang ada dan dimiliki nabi Muhammad SAW, nabi sendiri menerapkan kejujuran sejak beliau masih kecil. Bahkan pada saat nabi berdagang, beliau lebih mementingkan kejujuran di bandingkan dengan keuntungan. Bahkan dengan kejujuran nabi selalu mendapatkan keberkahan dan keuntungan yang tak terhingga. Karena dengan kejujuran pasti akan membuahkan hasil yang baik. Maka dari itu nabi selalu mencontohkan dan mengajarkan pada umatnya agar bersikap jujur dalam segala hal, baik dalam perkataan atau pun perbuatan. Dalam islam sikap jujur sangat di anjurkan serta di utamakan. Karena kejujuran merupakan tolak ukur umat yang bertaqwa.
Memiliki sikap jujur sangatlah penting, karena dengan kejujuran akan banyak hikmah yang bisa didapat. Ada beberapa contoh hikmah dari kejujuran salah satunya, apabila dalam pekerjaan kita selalu mengutamakan kejujuran, maka orang akan mempercayai dan menghargai kita. jika kita ingin dipercaya ataupun dihormati, baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan, berdagang, serta dalam berpolitik, kita harus mengutamakan yang namanya kejujuran. Karena kejujur merupakan salah satu kunci dari keberhasilan.
Kebanyakan dari orang tua pasti selalu menerapkan serta mengajarkan (mendidik)anaknya untuk bersikap jujur. Dalam mendidik dan memotivasi supaya seorang anak menjadi orang jujur, orang tua sering sekali mengatakan pada anaknya bahwa menjadi orang yang jujur itu sangat baik, dipercaya orang, disayang orang tua, bahkan dikasihi oleh Allah. Orang tua malakukan serta mengatakan hal itu karena mereka menginginkan anak mereka menjadi orang yang jujur.
Sikap jujur seharusnya ada pada diri setiap orang, baik seorang pemimpin, pengusaha, guru, pegawai, pedagang atupun orang biasa. Untuk menjadi orang yang jujur (amanah) kita harus mengintofeksi diri serta menanamkan nilai kejujuran pada diri sendiri dimulai dari sekarang. Seperti peribahasa yang mengatakan “lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali”......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar