Jumat, 11 September 2020

Hubungan antara remaja

 A.    PengertianLingkungan Hidup dan Pergaulan Remaja

Lingkungan hidup adalalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik, lingkungan hidup juga biasanya diartikan sebagai pengetahuan dasar tentang bagaimana makhluk hidup berfungsi dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain dengan lingkungan mereka. Lingkungan hidup merupakan bagian dari kehidupan manusia. Bahkan, manusia menjadi salah satu komponen dari lingkungan hidup itu sendiri. Kehidupan manusia juga sangat bergantung pada kondisi lingkungan hidup,tempat ia tinggal. Dengan demikian, lingkungan hidup sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. 

Sedangkan pergaulan merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu,atau individu dengan kelompok. Manusia ditakdirkan untuk sebagai makhluk sosial yang tak lepas dari kebersamaan dengan manusia yang lain. Pergaulan memiliki pengaruh yang sangat besar terutama pada pembentukan kepribadian pada remaja. Pergaulan yang ia lakukan akan mencerminkan kepribadiannya baik pergaulan yang positif maupun negatif. Pergaulan yang positif akan membawa dampak positif juga pada remaja tersebut seperti ia mulai terbiasa bekerja sama dengan oranglain dalam kegiatan yang baik seperti dalam organisasi. Sedangkan pergaulan yang negatif lebih mengarah pada pergaulan bebas yang sangat membahayakan dan harus dihindari. Remaja terkenal sangat labil,mudah terbujuk dan bahkan dia ingin mencari tahu banyak hal, namun ia kadang tidak perdulihal tersebut baik atau tidak.

B.     MasalahPergaulanRemaja yang BerhubungandenganLingkunganHidupnya

Pergaulan remaja terbagi menjadi dua aspek yaitu pergaulan remaja yang sehat dan tidak sehat. Pergaulan remaja yang sehat adalah pergaulan yang sesuai dengan etika pergaulan. Sebaliknya, pergaulan yang tidak sehat yaitu pergaulan yang menyimpang dari etika pergaulan. Dalam pergaulan yang tidak sehat, remaja akan melakukan penyimpangan. Mereka terkadang melakukan penyimpangan yang masih dapat diterima masyarakat yang bersifat temporer dan tidak ia lakukan secara berulang. 

Seperti : melanggar peraturan lalu lintas,merusak fasilitas disuatu tempat, dan tidak terkontrol pada saat berkendara (ugal-ugalan). Namun hal tersebut tetap harus mendapat perhatian agar tidak menjalar. Kemudian remaja yang melakukan penyimpangan yang berupa perbuatan yang dilakukan seseorang dan tidak bisa ditolerir oleh masyarakat. Seperti : membunuh, berjudi, melakukan pemerkosaan, dan minum minuman keras.

C.    Solusi Untuk Masalah Pergaulan Remaja yang Berhubungan dengan Lingkungan Hidupnya

Ada beberapa cara mengembangkan pergaulan yang sehat yaitu :

·         Berikan ilmu agama yang cukup untuk membangun iman remaja.

Bagi anak remaja sangat diperlukan adanya pemahaman,pendalaman ,dan ketaan kepada ajaran ajaran agama.

 

·         Mendorong remaja agar mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan yang positif.

Jika ada waktu luang, isilah dengan kegiatan yang positif, bisa juga dengan menekuni hobinya seperti bermain musik,futsal,mengikuti les vokal, dan lain lain.

·         Mengajarkan kepada remaja agar berhati-hati dalam memilih teman.

Untuk mengantisipasi adanya salah pergaulan atau agar tidak terpengaruh dengan sifat yang baik atau tidak, kita harus memilih teman. Dengan memilih teman bukan berarti kita tidak boleh berteman dengan semua orang, namun jagalah jarak dengan orang meng cenderung bersikap tidak baik.

D.    Dampak Pergaulan Remaja

·         Kenakalan dalam keluarga

Remaja umumnya masih labil dalam hal yang negatif. Sehingga dalam hal ini orang tua sangat berperan penting dalam mengontrol dan mengawasi mereka dengan memberikan pengertian dan memberi larangan jika ia melakukan hal tertentu. Namun, terkadang larangan tersebut dianggap sebagai kekangan. Akibatnya, mereka akan memberontak dengan tidak menghormati orang tua, berbicara tidak sopan dan kasar, dan yang paling membuat miris yaitu mereka mengabaikan  perkataan orang tua.

·         Kenakalan dalam pergaulan

Pergaulan bebas yang sering terjadi sangat mengancam remaja. Karena hal tersebut sampai sekarang ini sangat menyebar luas dan menjebak para remaja seperti, pemakaian obat terlarang, seks bebas,dan lain lain yang dengan mudah membawa remaja pada pergaulan yang buruk. Tentu, keluarga harus menanggung perbuatan anaknya dengan cukup berat.

·         Kenakalan dalam sekolah

Kenakalan disekolah sudah sangat sering terjadi. Namun,remaja yang melakukan kenakalan di bidang pendidikan tidak semua akan menjadi sosok yang berkepribadian buruk, karena mereka masih bisa diarahkan pada hal yang benar. Kenakalan di sekolah antara lain, membolos,tidak mengerjakan tugas atau PR dll.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar